Breaking News

81 Calon Jemaah Haji Mura Pelatihan Menasik

Puruk cahu Media kota online.com-Sebanyak 81 peserta Calon Jemaah Haji (CJH) dari Kabupaten Murung Raya (Mura) yang akan berangkat tahun 1445 H/2024 mengikuti pelatihan manasik haji selama satu hari di aula cahai ondhui tinggang, Selasa (27/2/2204). 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Kalteng. 

Ketua panitia Manasik Haji Provinsi Kalteng yang juga Kabag Bina Mental Spiritual Biro Kesra Setda Provinsi Kalteng, Eka Dyan Satya Hadi dalam laporannya mengatakan tahun 2024 ini ada 6 Kabupaten di Kalteng yang mengikuti manasik haji salah satunya Kabupaten Murung Raya. 

“Tujuan dilaksanakannya manasik haji ini untuk mempersiapkan jemaah calon haji secara menyeluruh, baik dari segi pengetahuan, mental, fisik maupun spiritual agar mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar, benar dan mendapatkan manfaat yang maksimal dari pengalam tersebut,” kata Eka.

Dalam memaksimalkan hasil dari manasik haji tersebut, Eka menjelaskan pihaknya mendatangkan empat narasumber, yakni dari Kantor Kementerian Agama Agama Provinsi Kalteng, Plt. Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya serta pembimbing ibadah haji bersertifikat.

Membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah sekaligus membuka pelatihan manasik haji Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya Rudie Roy  mengatakan Sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku jamaah haji berhak mendapatkan bimbingan manasik haji dan materi lainnya di tanah air. 

Bahkan dalam perjalanan, sampai dengan di Arab Saudi dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman, serta praktik dasar mengenai Ibadah Haji bagi Jamaah Haji. 

“Yang bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada Jamaah yang sudah memiliki nomor porsi, sehingga memiliki bekal dan pengetahuan haji secara maksimal,” ujarnya. 

Ia juga berharap para jamaah haji ini bisa mengikuti pelatihan manasik haji dengan serius agar memperoleh ilmu yang bisa diterapkan nantinya dengan baik. 

0 Komentar

© Copyright 2022 - Media Kota Online