Breaking News

Distanik Gelar Pasar Murah

Puruk Cahu Mediakota online.com-Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanik) Kabupaten Murung Raya (Mura) menggelar kegiatan pasar tani di halaman kantornya pada jum'at (16/2/2023). 

Elmar selaku Sekretaris Dinas (Sekdis) di Distanik   mengajak masyarakat untuk berbelanja di pasar tani Distanik dan ia menyebutkan kegiatan pasar tani ini pertama kali digelar oleh pihaknnya. 

Yang bertujuan untuk membantu para petani lokal di Murung Raya memasarkan hasil kebunnya dan sebagai salah satu program pengendalian inflasi daerah. 

"Ayo masyarakat berbelanja kesini, kegiatan ini kami buka setiap hari jum'at dari pukul 7:30 sampai jam 10:00 WIB adapun barang yang dijual oleh para petani didampinggi staf Distanik berupa aneka sayur, cempedak, samu ikan patin, abon ikan gabus, ikan patin segar, kelapa muda dan telur,” sebut Elmar.

Untuk harga kata Elmar pun tergolong murah untuk di pasar tani dari pada di pasar pada umumnya. 

“Sebab yang dijual pasar tani ini harga langsung dari petani kepada pembeli, sedangkan kalau dipasar itu bisa saja harganya lebih tinggi karena dijual oleh pedangang pasar yang dibeli dari petani baru dijual lagi ke pembeli, tentu lah harga itu lebih tinggi sedikit,” kata Elamar. 

Selain produk hasil tani, Sekdistanik menyebutkan di pasar tani pihaknya juga menjual beras, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih dengan harga yang lebih murah karena pihaknnya manarik barang dari luar daerah dan tidak membeli dari pasar dalam daerah. 

“Untuk pengendalian inflasi kami bantu menjual beras, minyak goreng, dan bawang merah dengan harga murah yang barangnya untuk beras kami tarik dari food estate Kabupaten Pulang Pisau, sedangkan minyak goreng, bawang merah dan putih kami tarik dari Kota Palangkaraya,”ucap Elmar. 

Elmar pun berharap masyarakat Murung Raya berbelanja ke pasar tani ini agar hasil dari kebun petani dan peternak lokal di Murung Raya bisa terus berkembang kedepannya 

Dan apabila pasar tani ini berkembang pesat Elmar pun mengatakan pihaknya berencana akan menjual produk hasil petani lokal ini melalui online agar bisa terjual lebih banyak, cepat dan bisa di jangkau oleh banyak pihak. 

“Saya harap pasar tani ini terus berkembang dan rencananya ini kalau konsumennya banyak akan kami gelar tidak di hari jum'at saja dan kalau lebih lagi kami akan buatkan penjualan secara online agar lebih maju lagi,” tutup Elmar.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Media Kota Online