Pimpinan Umum / Pimpinan Redaksi

Pimpinan Umum / Pimpinan Redaksi
Adbox

Selasa, 11 September 2018

Peningkatan Jalan Desa Ciawi- PSR Gadung Digarap Asal-asalan : Pelaksana CV. Fijar Karya Pratama


PANDEGLANG | Mediakotan.online-

Proyek Pekerjaan Peningkatan Jalan Desa Ciawi-Pasir Gadung, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang berada di Ruas jalan antara Desa Ciawi-Pasir Gadung digarap asal-asalan. Belum lama dikerjakan, fasilitas tersebut sudah retak-retak.Dari pantauan globalmediain.online, Sabtu (8/9/2018) betonisasi (jalan). belum lama dikerjakan sudah terlihat retak-retak.Selain retakan beton, pemasangan besi Dowel asal-asalan Dowel yang digunakan  tidak dibungkus plastik atau dicat
untuk memberi kebebasan bergeser. Sehingga menjadi penghubung antara 2 (dua) komponen struktur.Proyek betonisasi tersebut juga menimbulkan kecurigaan dalam pelaksanaan tidak dipersiapkan secara matang. Ini bisa dilihat dari hasil tidak berkualitas dan diduga keras pelaksana hanya mengedepankan kuantitas tanpa memperhatikan kualitas.Pengerjaan yang asal-asalan terlihat dari hasil beton yang retak-retak tidak sesuai harapan. Pihak kontraktor tidak maksimal dalam melaksanakan pembangunan. Sebagian besi dowel yang tidak sesuai dengan spesifikasi juga masih terlihat di tengah jalan betonisasi.Sementara itu, pelaksana CV. Fijar Karya Pratama “Sdr.Arif, Saat dikonfirmasi terkait besi Dowel yang menggunakan besi bengkok-bengkok dan tidak terbungkus plastik atau tidak dilumasi, dicat untuk memberi kebebasan bergeser. Berdalih bahwa besi dowel yang sudah dirakit tidak dipakai dan hanya untuk menutupi plastik coran saja.Dowel itu hanya untuk menghalangi jalan, “Katanya.


Yang merakit besi Dowel tersebut warga sekitar kemaren yang ikut bekerja disitu pak, “Tegasnya. Untuk betonisasi yang retak-retak itu stop cor pak, “Tutupnya. Menanggapi Hal itu, “Sama Herlambang, Sekjen GIB Angkat Bicara: “Pemasangan Dowel menggunakan besi kurang layak ada aroma ketidakberesan pembangunan jalan betonisasi tersebut yaitu untuk besi Dowel menggunakan besi bengkok dan tidak dibungkus dengan plastik, tidak dilumasi atau dicat untuk memberi kebebasan bergeser, “Ucapnya.
Dowel berfungsi untuk menguatkan konstruksi badan jalan, fungsi lain dari dowel untuk menghambat retakan yang terjadi di salah satu segmen agar tidak menjalar atau menerobos ke segmen selanjutnya jadi harus sesuai dengan aturan yang sebenarnya, “Jelasnya.
Agar pekerjaan dapat mencegah korosi dan bisa digunakan jangka panjang batang dowel yang baik seharusnya dicat atau dengan dibungkus plastik, “Pungkasnya.
[Jurnalistik | Kasman]