Pimpinan Umum / Pimpinan Redaksi

Pimpinan Umum / Pimpinan Redaksi
Adbox

Sabtu, 08 September 2018

Pekerjaan Peningkatan Jalan Kp Sabang-Ruas Jl. Kubangkampil Kecamatan Sukaresmi Langgar UU KIP


PANDEGLANG Media Kota

--Peningkatan jalan Kp Sabang-Ruas Jl. 
Kubangkampil, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Pekerjaan Konstruksi Langgar Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Pasalnya, dalam pelaksanaan pekerjaan terkesan "Sembunyi- sembunyi" Hal itu diduga sarat penyimpangan. Parahnya, pekerjaan sudah dimulai tetapi, tidak terlihat adanya papan proyek di lokasi kegiatan.

Proyek kegiatan senilai yang tidak jelas sumber dari mana dan nilai anggarannya berapa yang  dianggap seperti proyek siluman, dimana pembangunan proyek yang terletak di Kp Sabang-Ruas Jl.Kubangkampil Kecamatan Sukaresmi tidak terpasang papan nama informasi proyek saat melaksanakan kegiatan pekerjaan.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran,” tegas Sekjen GIB Sama Herlambang pada globalmediain.online, Kamis (/6/9/2018).
Sama Herlambang selaku Sekjen GIB, mengatakan semestinya pihak pemerintah, seperti pengawas lapangan memonitoring dan menegur Pelaksana agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan.
“pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan,” ucapnya.
Sementara itu, Sama Herlambang menuturkan, kegiatan tersebut adalah Proyek peningkatan jalan Tahun Anggaran 2018.
“Proyek peningkatan jalan lingkungan Kp Sabang-Ruas Jalan Kubangkampil Kecamatan Sukaresmi yang di kerjakan asal-asalan,” Kata Herlambang, Selaku Sosial Kontrol dari Gerakan Indonesia Bersatu GIB.
Informasi yang dihimpun globalmediain.online, pekerjaan proyek Peningkatan Jalan sudah 2 (dua) minggu dikerjakan, hingga berita ini dimuat, papan nama proyek belum terpasang.
*[Jurnalistik | Kasman]*