Pimpinan Umum / Pimpinan Redaksi

Pimpinan Umum / Pimpinan Redaksi
Adbox

Rabu, 18 April 2018

RS KARTINI HOSPITAL "Cipulir" Mengutamakan keselamatan pasien

Mediakota - Jakarta.

RS Hospital Kartini 
 Berbicara tentang Rumah Sakit terkait dengan suatu keharusan membayar administrasi, berdasarkan beberapa pengaduan masyarakat mengenai ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pihak rumah sakit, disinyalir menjadi momok. Pelayanan yang diberikan pun belum maksimal atau tidak sesuai dengan harapan pasien. Kepuasan pasien masih cukup rendah terhadap kualitas layanan  kesehatan yang diberikan rumah sakit dalam dimensi mutu layanan (service 
Y
quality). Masih banyak yang  belum disajikan secara baik oleh penyelenggara layanan kesehatan. Itulah yang terjadi pada umumnya. 
#Namun Tidak Semua !!!
Rumah Sakit KARTINI HOSPITAL yang terletak di Jalan Ciledug Raya No 94-96, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dapat menjadi contoh bagi rumah sakit lainnya .
Kepuasan pasien maupun kepuasan pelanggan merupakan salah satu  tujuan utama dari keseluruhan kegiatan Rumah Sakit  lainnya yang bermuara pada keselamatan (safety) dan mutu (quality) sehingga Rumah Sakit KARTINI HOSPITAL jelas  lebih mendahulukan keselamatan pasien dibandingkan masalah administrasi semata.
Pasien yang Berobat Tampa BPJS DI layani
Dengan Baik

Hal ini diakui oleh Luchi ( 35) Orangtua dari putrinya Audre (14 bln) yang merasa khawatir jangan-jangan akan diminta sejumlah uang (Administrasi)
terlebih dahulu. “Sampai saya bingung... tetapi anak saya langsung ditangani dan kasir tidak sedikitpun menanyakan biaya maupun jaminan apa yang saya punya.”
“Terus terang pak “, ujar Luchi kepada awak media, “Saya berdomisili di Tangerang dan ini rumah sakit di Jakarta. Putri saya mendadak sakit yang tidak mungkin saya bawa ke Tangerang sesuai KTP yang saya punya. Bahkan untuk BPJS pun saya tidak punya.
Saya bangga dengan seluruh perawat maupun para dokternya .
Direktur RS Hospital Kartini
Dokter Enrico A. Rinaldi 
Bahkan diluar dugaan saya Direkturnya sendiri turun ke kamar pasien menyapa dan berkomunikasi dengan para orangtua dan keluarga pasien . Menurut saya ini luar biasa, “paparnya.
Dokter Enrico A. Rinaldi selaku direktur RS.KARTINI HOSPITAL  kepada awak media saat dijumpai di ruang pasien mengatakan, " Saya selalu sampaikan kepada para perawat maupun dokter atau siapapun yang terlibat di Rumah Sakit Kartini ini agar mengutamakan segala daya upayanya dalam mencapai tujuan pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pasien. Beliau juga mengingatkan bahwa yang berperan penting dalam menentukan persepsi kualitas pelayanan antara lain meliputi fasilitas, serta peranan dokter maupun  perawat sebagai tenaga medis. "Memberikan hak pasien adalah kunci utamanya dan inilah yang selalu kami jaga. Tarif kamar maupun tarif lainnya yang menyangkut administrasi bukan suatu keharusan. Seperti pertanyaan tentang pembiayaan atau jaminan harus diproses dulu, harus dibayar dulu baru kemudian pasien ditangani. Saya tegaskan bahwa ini bukan tipikal dari Rumah Sakit Kartini.
Sebab  kepuasan pasien betul- betul kami jaga, di sini kami lebih menciptakan kekeluargaan. Kalau tidak percaya boleh bapak bertanya kepada seluruh pasien yang datang ke kami pak", ujarnya.Perlu diketahui bahwa inti dari bisnis jasa kesehatan dalam hal ini Rumah sakit, dituntut untuk secara konsisten melakukan pelayanan yang berkualitas agar pasien merasa nyaman dan aman. Hal ini dapat terjadi jika terdapat kerja sama yang baik antar unit di dalam rumah sakit itu sendiri namun tidak kalah pentingnya kerja sama yang baik dan saling membantu antar rumah sakit, khususnya terkait kasus-kasus yang membutuhkan rujukan .(Amanda Luchia)