Adbox

Jumat, 26 Januari 2018

"Infrastruktur Jadi Prioritas Musrenbang Kelurahan Kilasah"

"Infrastruktur Jadi Prioritas Musrenbang Kelurahan Kilasah".

Serang MKonline- Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen, Kamis, (25/01/2018).

Musrembang tingkat Kelurahan bertujuan untuk menjaring usulan program/kegiatan dari tingkat RT RW diwilayah Kelurahan Kilasah dengan yang menjadi skala prioritas pembangunan.

Kegiatan musrembang ini dihadiri Camat Kasemen, Sekertaris Camat, Kasi Ekbang, Kecamatan Kasemen, para ketua RT dan RW, Tim Pengerak PKK, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Plt. Lurah Kilasah H. Arfai Udin mengatakan kegiatan musrenbang tahun ini, alhamdulillah meningkat dibanding tahun lalu. Partisipasi dan usulan masyarakat juga aktif, untuk menentukan pembangunan kedepannya. Adapun yang menjadi skala prioritas, untuk kebutuhan masyarakat yang dianggap penting, seperti jalan rusak yang tidak bisa dilalui atau rusak berat.

“Kami akan berupaya mengusulkan ke pemerintah kota yang menjadi skala prioritas tersebut. Kalau lokasi yang akan dibangun belum ditentukan, karena ketentuannya ada di pemkot,” kata Arfai usai musrembang penyusunan RKPD 2019, di kantor Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (25/01/18).

Lanjut, Arfai mengatakan dalam musyawarah yang melibatkan semua unsur masyarakat itu, yang mendominasi usulan dari masyarakat adalah pembangunan infrastruktur jalan yang akan menjadi skala prioritas.

"Tahun ini dan tahun depan (2019) yang menjadi skala prioritas masih jalan, karena masih ada di beberapa titik yang masih sulit untuk di lewati," katanya.

Sementara itu, Camat Kasemen Subagyo mengatakan Musyawarah perencanaan pembangunan kelurahan (Musrembangkel) merupakan sebuah perencanaan.

"Jadi kegiatan tersebut jangan dianggap seremonial. Karena, Pemerintah Kota Serang Melalui OPD akan mengambil program kegiatan dan kebijakan, itu berdasarkan hasil usulan musrenbang tingkat kelurahan, musrenbang tingkat kecamatan dan musrenbang tingkat kota," katanya.

Lanjut, Subagyo menerangkan musrembang tahun ini kebanyakan perencanaan fisik, seperti jalan, jembatan roboh dan bangunan gedung, bukan hanya di Kelurahan Kilasah, namun hampir di seluruh 10 kelurahan yang ada di Kecamatan Kasemen, buruknya infrastruktur, seperti jalan dan jembatan masih banyak dikeluhkan oleh masyarakat Sekitar.

“Saya berharap, dari hasil musrenbang tahun ini dapat direalisasikan, baik yang menjadi prioritas pembangunan fisik (infrastruktur), maupun non fisik juga harus menjadi prioritas, sehingga hasilnya bisa di rasakan oleh masyarakat sekitar," harapannya.(Adhe)