Home » » HARUS TELITI DALAM ADMINISTRASI MUSREMBANG DI TANGERANG SELATAN

HARUS TELITI DALAM ADMINISTRASI MUSREMBANG DI TANGERANG SELATAN

Written By Jefri chaniago on Jumat, 01 Februari 2013 | 20.18




Setu,Mediakotaonline.com
 Seluruh rencana program kegiatan yang akan disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) harus dilakukan secara matang, terukur dan terarah. Khususnya terkait program kerja yang termasuk dalam skala prioritas agar dapat secara efektif dan efisien masuk dalam anggaran.
Demikian disampaikan Walikota Tangerang Selatan - Airin Rachmi Diany, ketika memberikan arahan sosialisasi pelaksanaan pra-Musrenbang tahun 2013. “Tolong diperhatikan acuan pengajuan mulai dari tingkat kelurahan sampai kecamatan,” pesannya di Graha Widya Bakti, Puspiptek, Jum’at, 1 Februari 2013.
Berdasarkan agenda yang diterima Web Tangsel dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Selatan, rangkaian kegiatan Musrenbang tingkat Kelurahan akan mulai digulirkan pada Tanggal 4-15 Februari besok. Sedangkan pada tingkat Kecamatan berlangsung mulai Tanggal 20-28 Februari 2013. Hal yang menjadi catatan, agar seluruh Camat dan Lurah segera menyampaikan jadwal pelaksanaan kepada Bappeda.
Walikota Airin menginstruksikan kepada seluruh pimpinan di masing-masing wilayah untuk teliti dan selektif dalam membuat administrasi rancangan program kerja. Hal ini untuk menghindari kejadian seperti rencana pembangunan kantor kelurahan pada salah satu wilayah Kecamatan di Kota Tangsel. Proses kegiatan pembangunan di lokasi tersebut terpaksa tidak dapat dilaksanakan karena status lahan masih menjadi sengketa.
Padahal, lanjutnya, Pemerintah Daerah telah mengalokasikan dana dari APBD untuk pembangunan tapi dibatalkan. Kondisi tersebut tentunya membuat anggaran menjadi tidak terserap (Silpa). Oleh karena itu, Walikota Airin menghimbau agar masing-masing bidang mengecek ulang terkait status kepemilikan lahan, standar harga dan anggaran yang disiapkan.
“Biar data tersebut bisa masuk ke Bappeda untuk dianggarkan dan direalisasikan,” imbau Walikota Airin.
Di tempat sama secara terpisah, Sekretaris Bappeda Kota Tangerang Selatan - Teddy Meiyadi, menjelaskan, bahwa program skala prioritas yang telah dicanangkan oleh walikota, selain perbaikan infrastruktur, pelayanan pendidikan dan kesehatan juga ditekankan pada beberapa aspek lainnya.
“Seperti prioritas percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengurangi pengangguran, penanggulangan bagi para korban bencana dan penyandang masalah-masalah sosial lainnya,” jelas Teddy.
Pada kesempatan itu, terang Teddy, pihaknya telah menerangkan kepada seluruh Camat dan Lurah terkait mekanisme, format dan panduan dalam menyusun penganggaran program pembangunan. Hasil yang diharapkan dalam Musrenbang itu nantinya harus melakukan program-program prioritas di masing-masing wilayah.
“Agar seragam dengan arah kebijakan pembangunan tahun 2014 yang sudah dicanangkan oleh Ibu Walikota,” terang Teddy
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Media Kota Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger